Kayaknya Enggak Bisa Ditinggalin Begitu Aja...

Lulus SMA dulu kayaknya semua pelajaran yang enggak ada hubungannya ama komputer serasa bakal hilang dari ingatan begitu aja. Dan emang bener. Semuanya ilang (emang gue lupain sih... ^^).

Tapi, ternyata, setelah masuk ITS, semua yang ilang itu terpaksa ditarik lagi. Matematika plus fisika. Untung kimia enggak ada di informatika :D.

Tapi... Matematika yang keluar di ITS itu bukan matematika sembarangan... KALKULUS!!! Bok, giling... Ini matematika yang belom pernah gue suka sama sekali.

Terus (ini yang lebih ngeri....), ama dosen Pemrograman Terstruktur (Pak Lili) disuruh bikin program yang ada rumus-rumus fisikanya! Aduh... Bikin gila si bapak ini...

Yang pertama: program yang nampilin koordinat bola yang jatuh ke lantai. PLUS, bolanya punya konstanta restitusi. Yang artinya: bola itu mantul! Jadi, loopingnya harus kita manipulasi biar ntar bolanya enggak tembus gitu aja ke tanah...

Yang kedua, ini yang bikin bulu kuduk merinding: program yang nampilin koordinasi bola-bola (katakanlah elektron) yang tolak-menolak satu sama lain!

Aduh.... Rumusnya apa ya....?

0 comments: