Tower of Hanoi

Baru kali ini gue denger yang beginian. Ada-ada aja orang-orang ini... Katanya, kalau biji-biji pada tiang asal udah kepindah semuanya ke tiang tujuan, dunia bakal kiamat. Woh, bener-bener deh...

Nah, ini dia tugas gue. Bikin dunia cepet kiamat... ^^ Becanda. Pak Lili suruh gue bikin program yang nyelesaiin Tower of Hanoi ini.

Oke, kita mulai ngerjain tugasnya!

Pertama, gue coba mindah-mindahin manual (pake duit koin). Ternyata kalo jumlah bijinya ganjil ama kalo genap langkah pertama beda. Pastilah setelahnya beda juga.

Trus, gue browse di internet. Ternyata ada banyak juga yang bahas tentang program buat mecahin tower oh Hanoi ini. Gue dapet rumus jumlah langkah paling sedikit yang bisa kita jalanin waktu main Tower of Hanoi ini:

jumlah langkah = 2^jumlah biji - 1

Udah deh. Gue coba-cobain terus. Akhirnya, nemuin caranya. ternyata cuma mainin antara variabel-variabel aja. Enggak ribet-ribet amat. Kalo mau liat contoh kodenya di bahasa C, gue uda upload ke live space gue.

Ni linknya :

http://cid-228cfcd63a6980e8.skydrive.live.com/self.aspx/Structured%20Programming%20Assignments/hanoi%20tower-string.cpp

0 comments: